Pentingnya pemilihan material plastik

Semifinished Engineering Plastics




Pemilihan material plastik untuk aplikasi tertentu bisa sulit hal ini terutama untuk applikasi bidang engineering. Langkah pertama mungkin mudah ; beberapa jenis plastik dapat langsung kita hapus dari kriteria terpilih. Misal pada langkah pertama dengan persyaratan yang paling mudah seperti suhu atau beban. Tapi langkah terakhir seringkali membutuhkan saran  ahli .




Ada banyak pertanyaan yang harus dijawab sebelum keputusan akhir pilihan dicapai. Untuk industri makanan ataupun farmasi, persyaratan peraturan seringkali dapat menjadi masalah karena beberapa material mungkin sesuai dengan persyaratan teknis engineering namun tidak memenuhi persyaratan keamanan fisiologis seperti sertifikat bahwa material tersebut aman untuk kontak dengan bahan makanan contoh sertifikat FDA.


Pertimbangan lingkungan aplikasi adalah langkah berikutnya yang perlu dipertimbangkan , semua pertanyaan di bawah ini perlu diperhatikan sebagai misal :


“Berapa suhu yang dipakai dan berdampak pada material plastic ? berapa lama ? apakah terus-menerus atau sebentar-sebentar saja ?”



“Apakah part plastic tersebut akan terkena pukulan/ benturan berulang-ulang ? seberapa cepat ?”


Apakah part plastic tersebut direndam dalam bahan kimia, atau hanya terlewat air saja ? “



Apakah terkena perlakuan steam/ uap panas ? seberapa kuat tekanan steamnya ?”



Apakah part plastic terkena pelarut/ solvent kimia ?”

 
Apakah terkena paparan sinar uv secara langsung ?


“Adakah persyaratan sifat konduktifitas listrik lainnya ?”

“Apakah material plastic tersebut melawan material yang bersifat abrasive ?”

Setelah mempertimbangkan kondisi lingkungan aplikasi, selanjutnya juga penting untuk mempertimbangkan hal lain yang berkenaan dengan mekanika karena erat hubungannya dengan ekspektasi masa pakai seperti :

Apakah material plastik akan digunakan untuk bearing ?

“Berapa beban/ loading , material poros, diameter poros dan rpm akan dialami ?

Apakah beban terus menerus atau intermiten ?

"Berapa lama ekspektasi pemakaian material plastik ini ?"
Setelah pertanyaan pertanyaan ini dijawab maka keputusan material plastik yang tepat digunakan untuk suatu applikasi tertentu dapat dibuat. Namun bisa saja pada tahap akhir ini ada dua bahan yang cukup memenuhi persyaratan. Hal ini adalah ketika masalah biaya versus life time yang  diharapkan dapat menjadi faktor penting salah satu pertimbangan. Seringkali biaya awal telah menjadi kriteria utama,  tetapi biaya perubahan komponen dan hilangnya waktu produksi juga harus dipertimbangkan. Mungkin saja memilih initial cost/ biaya awal yang lebih murah namun kemungkinan ekspektasi masa pakai lebih singkat dan harus mengorbankan biaya akibat berhenti produksi. Tapi tidak jarang juga pada situasi memilih biaya awal yang tinggi namun pada kenyataannya hanya menambah sedikit saja masa pakai. Seringkali pengalaman dan studi kasus kasus terdahulu untuk penggunaan jenis plastik tertentu pada suatu part dan applikasi bisa menjadi referensi yang lebih berharga.

“ Ternyata rentang pertimbangan untuk memilih jenis plastik tertentu untuk suatu aplikasi tertentu menjadi begitu lebar bukan ?”, Bahkan mungkin saja tidak satu jenis plastic pun yang memenuhi kriteria applikasi.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...