Kualitas kawat las plastik



HDPE black welding rod

Seperti kita ketahui, untuk me-las material plastik haruslah menggunakan kawat las/ welding rod yang setipe/ sejenis. Me-las polypropylene harus dengan kawat las polypropylene, begitupun dengan plastik lainnya PVC dengan kawat las PVC, Polyethylene harus dengan kawat las Polyethylene. Namun adakalanya meskipun kita telah memilih kawat las dengan jenis plastik yang sama proses pengelasan tidak berhasil/ tidak menyatu. Mengapa ..?,



Salah satu sebabnya adalah sejumlah bahan additive dan filler yang ditambahkan dalam proses pembuatan plastik memberikan efek terhadap kualitas pengelasan plastik.  
Terkadang additive atau filler dengan kualitas yang rendah baik itu untuk plat plastiknya maupun kawat lasnya, sengaja ditambahkan untuk mendapatkan volume plastik yang sama, hal ini dimaksudkan agar harga jual plastik menjadi jauh lebih murah. Untuk itu disarankan berhati hati jika membeli plastik dan kawat lasnya.
Bila harganya sangat murah jangan senang dulu, bahkan patut dicurigai kualitasnya tidak bisa dipercaya. Mungkin saja untuk beberapa applikasi yang tidak terlalu “serius” misal : plastik pvc untuk material cetakan/molding bata press (bata ringan), mungkin untuk applikasi semacam ini pemilihan material plastik murah  “masih bisa ditorerir”. Namun untuk applikasi semisal tanki kimia asam, electroplating atau lainnya tentu sangat berbahaya bila plastik dengan kualitas rendah tersebut digunakan. Bagaimana bila terjadi kebocoran bahkan pecah.
Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan sangat disarankan membeli material plastik beserta kawat lasnya pada agen penjual plastik yang dapat dipercaya. Lebih disarankan lagi bila membeli plastik yang akan dilas dengan kawat lasnya berasal dari satu manufaktur yang sama (satu merk) sehingga kita yakin dengan pasti bahwa hasil pengelasannya akan menyatu / mixing/ senyawa secara molekuler dengan sempurna. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...