Keuntungan acrylic dibanding kaca

Akrilik jernih memiliki indeks refraksi yang hampir sama dengan air laut

Sehingga tidak ada pembiasan cahaya ketika melewati akrilik dan masuk air laut. Akuarium akrilik menghasilkan warna yang lebih jernih dan bentuk yang lebih jelas.  Jendela pengamat pada akuarium umum yang besar dapat dibuat dari akrilik, karena menghasilkan pandangan yang sangat jernih terhadap kehidupan di dalam air tawar maupun air laut.  Akrilik juga memungkinkan penetrasi yang lebih baik bagi sistem pencahayaan anda, terutama sangat penting bagi sistem terumbu karang.

Berbeda dengan kaca dimana semakin tebal kaca maka akan terlihat semakin gelap, sebab itu acrylic lebih dipilih sebagai material pengganti kaca untuk aquarium, ketebalan acrylic tidak mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk, dan tetap memungkinkan 92% cahaya melewatinya.

Insulasi Panas
 
Nilai Konduktivitas Thermal – disingkat λ – lebih tinggi pada akrilik dibanding pada kaca.  λ untuk sebagian besar jenis akrilik adalah 0,19 W/mK.  Nilai ini mungkin tidak terlalu penting jika Anda memelihara ikan air dingin, tapi jika Anda memelihara akuarium tropis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan faktor ini.  Tangki akrilik dapat menahan panas 20% lebih baik daripada tangki kaca

Acrylic dapat diproses selanjutnya dengan mudah

acrylic tube bending

Dengan teknik tertentu akrilik dapat dibentuk secara thermal menjadi elbow, tunnel, dan bahkan bentuk-bentuk yang lebih rumit lagi.  Akrilik lebih mudah dipotong untuk mengakomodasi pipa air, dan hal ini memiliki berbagai kegunaan.  Bukannya tidak mungkin memotong kaca, tapi Anda harus memiliki peralatan khusus dan harus paham apa yang dikerjakan sebab kaca sulit dipotong diluar pabriknya.


Akrilik Berat Jenisnya separuh dari kaca

Kepadatan akrilik berkisar antara 1150-1190 kg/m3.  Ini adalah kurang dari setengah kepadatan kaca, yang berkisar antara 2400 hingga 2800 kg/m3.  Oleh karena itu, transportasi dan pemasangan bahan bangunan akrilik lebih mudah dan murah. 

Akrilik memiliki kekuatan tumbuk yang lebih besar daripada kaca.  

Sifat tahan pecah ini menjadikan akrilik material yang ideal untuk dipergunakan pada aplikasi di tempat-tempat dimana pecahnya material akan berakibat fatal, seperti pada jendela kapal selam.
Bisa dikatakan semua akuarium umum besar kini membangun tangki displaynya dari thermoplastik ini.  Akuarium akrilik 17 KALI LEBIH KUAT dan 50% LEBIH RINGAN daripada tangki kaca.  Akuarium akrilik pada umumnya lebih mahal daripada tangki kaca berukuran sama, tapi keuntungannya serta keindahannya jauh mengimbangi beda ongkos tersebut. 

Kesalahpahaman

Terdapat beberapa kesalahpahaman mengenai akrilik, yakni: akrilik berubah warna menjadi kuning dan menjadi rapuh serta retak dengan berlalunya waktu.  Meskipun hal ini mungkin benar terjadi pada bentukan plastik yang murahan, tapi tidak berlaku untuk akrilik.  Jika dirawat dengan baik, akrilik dapat tetap tampak baru selama beberapa dasawarsa, terlepas dari usia atau paparan terhadap sinar matahari.  Beberapa orang khawatir bahwa akrilik terlalu mudah tergores, tapi tidak seperti kaca, goresan dapat digosok/ dipoles sehingga hilang dari akrilik.

Keuntungan

Kejernihan optiknya sangat baik.
Sifat tahan UVnya sangat baik.
Tahan benturan keras 17x lebih besar daripada kaca.
Tahan cuaca tidak akan berubah kuning ataupun menunjukkan tanda-tanda aging.
Bersifat struktural dan dapat dibuat untuk menahan beban.

Perbedaan Tabung Acrylic dan Kaca

Berat jenis lebih ringan (BJ 1,19) daripada kaca (BJ 2,4)
Lebih tahan impak daripada kaca yang bersifat getas mudah pecah
Dapat dan mudah diproses selanjutnya (dipotong, dibor, dilem, dibengkokkan)
Meneruskan hampir seluruh cahaya yang masuk

Acrylic VS Glass Aquarium Suatu Pilihan




Penggunaan/ Applikasi :
Akuarium, akuarium air laut, kaca pengamat, penggunaan ilmiah, ruang hiperbarik, ruang vakum, dispenser minyak otomatis, dispenser makanan dst.

Sejarah, Produksi, Applikasi, Acrylic/ Plexiglas ROHM & HAAS 1947


1 comment:

  1. kunjungi blog kami solusi untuk kemajuan industri jasa potong acrylik, glass, logam, alumunium, dan lainnya
    http://goldentoolsindonesia.blogspot.co.id/

    regards

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...