Dasar dasar seleksi plastik


Membubut plastik memiliki keuntungan dibanding produksi part plastik secara moulding/mencetak, hal ini terutama untuk aplikasi/ part yang hanya membutuhkan volume produksi rendah, toleransi dimensi yang sempit (presisi) ataupun karena sulitnya konfigurasi dengan cetakan. Begitu banyak pilihan jenis plastik yang tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan pada aplikasinya. Menentukan dengan tepat untuk aplikasi tertentu menjadi satu hal yang menantang.  



Biasanya seorang insinyur akan membutuhkan setidaknya tiga properties yang sangat penting untuk fungsi komponen. Sebuah pencarian dasar akan memprioritaskan dan mencari bahan yang dapat menyediakan properties tersebut. Daftar berikut di bawah ini hanya menyajikan plastik engineering yang paling umum. Banyak plastik yang tersedia dengan berbagai modifikasi untuk meningkatkan karakteristik tertentu. Sebagai misal, modifikasi dengan bahan pengisi seperti serat gelas (glass fiber), akan meningkatkan kekuatan tarik meskipun akan mengurangi kemudahan sifat permesinan. Bahan pengisi molibdenum bisulfida akan meningkatkan lama pakai (ketahanan aus) namun disisi lain akan mengurangi stabilitas dimensi.


Plastik yang memiliki sifat dapat jernih/ transparan : 

Karakter plastik ini jernih/ tembus pandang, namun setelah dimesining menjadi buram. Polishing diperlukan untuk mengembalikan sifat  transparansi ini. Metode Polishing bisa dengan mesin polish, buffing, ataupun dengan api gas/ flame burner. Pilihan plastik transparan ini antara lain : Acrylic (paling jernih/ transparan dan kilap), Polycarbonate , Clear PVC, Polisulfon , Ultem ®


Properties kekuatan : 
Kekuatan tarik (tensile strength) dan kompresi (compression strength) adalah nilai-nilai yang penting untuk aplikasi struktural.
Pilihan pilihan terbaik : Ultem ®, PEEK, Nylon (Polyamide), Polyacetal (POM)
Pilihan
buruk : Teflon ® , UHMW , LDPE , HDPE , Polypropylene



Ketahanan terhadap suhu tinggi : 
Perlu dipertimbangkan continue service temperature dan juga defleksi panas pada kondisi diberi beban.

Pilihan baik : PEEK , Ultem ® , Torlon ® , PPS, PTFE (Teflon)
Pilihan
buruk : Acrylic , UHMW , ABS , PVC



Limiting PV :

Sebuah kombinasi dari tekanan (Pressure) dan kecepatan (Velocity) yang menentukan apakah material plastik tersebut memiliki kemampuan termal dan struktural yang cukup untuk menahan beban aplikasi dan tahan aus melawan kecepatan rotasi seperti pada applikasi pada bearing.
Pilihan
baik : PEEK, Nylatron ® , Polyacetal (POM), Torlon ®
Pilihan
buruk : UHMW, PET, Nylon.

Stabilitas Dimensi :
Secara umum properties material plastik tidak memiliki stabilitas struktural sebaik logam . Hal ini terutama disebabkan oleh kecenderungan material plastik untuk menyerap air/ uap air dan koefisien ekspansi termal yang tinggi. Bahan yang stabil memiliki daya serap air yang rendah disertai koefisien thermal expansi yang juga rendah
Pilihan
baik : Ultem ® , PEEK, PPS , PET.
Pilihan
buruk : Nylon , UHMW , HDPE , LDPE.

Ketahanan Kimia :
Ketahanan kimia dari material plastik sangat bervariasi. Beberapa menunjukkan resistensi yang hampir menyeluruh terhadap bahan kimia sementara yang lain menunjukkan sangat sensitif. Yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan panduan referensi untuk interaksi kimia terhadap plastik tertentu.
Pilihan
baik : Teflon ® , ECTFE, PVDF, PEEK, PP, PVC, PE
Pilihan
buruk : Acrylic , ABS , Noryl ® , Polisulfon, Polycarbonate

Resistensi ketangguhan terhadap Impact :
Pengukuran kemampuan plastik untuk menahan goncangan tiba-tiba atau pukulan. Jangan rancu dengan ketahanan terhadap stress steady state (kelelahan/ fatigue). Polycarbonate dapat mentolerir impact yang besar tetapi tidak akibat dari pembebanan yang terus-menerus.
Pilihan baik : Nylon , Polycarbonate , UHMW , PEEK
Pilihan
buruk : PET , Acrylic , Polisulfon

Faktor biaya :
Plastik dengan kinerja bagus pada temperature tinggi jauh lebih mahal .
Pilihan Murah :
POM, Polypropylene, HDPE, PVC
Pilihan Mahal :
PEEK , PEI, PPS , Radel ®

Biokompatibilitas :
adalah kesesuaian untuk digunakan dalam aplikasi perangkat medis.
Pilihan baik : PEEK , UHMW , PP, PE.
    
Sterilisasi uap/ steam :
Sama seperti autoklaf , suatu proses dimana uap digunakan untuk mensterilkan plastik untuk penggunaan perangkat medis.
Pilihan
baik : Radel ® , Ultem ® , PEEK , Teflon ®, PVDF

Ketahanan terhadap UV :
Ketahanan terhadap UV biasanya untuk penggunaan di luar ruangan. Plastik tanpa ketahanan melawan radiasi UV akan menua dan bersifat getas. Ada yang secara natural memang tahan terhadap UV, namun secara umum plastik tidak tahan. Penambahan carbon black akan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap UV.
Pilihan baik : PVDF, Teflon, PEEK, Polycarbonate (UV  grade non FDA).
Pilihan
buruk : Polycarbonate ( FDA ), Nylon, POM, PVC, PP.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...