Upflow Anaerobic Sludge Blanket (UASB)

Upflow Anaerobic Sludge Blanket (UASB) adalah teknologi pengolahan air limbah anaerobik. UASB umumnya digunakan untuk pengolahan air limbah industri dan komunal. Reaktor UASB dirancang untuk memfasilitasi pencernaan anaerobik bahan organik dengan menciptakan aliran naik air limbah melalui lapisan lumpur granular.

upflow anaerobic sludge blanket

Berikut adalah cara kerja proses UASB:

  1. Air limbah memasuki bagian bawah reaktor UASB dan mengalir ke atas. Reaktor ini umumnya berbentuk silinder atau persegi panjang.

  2. Saat air limbah naik, ia bertemu dengan lapisan lumpur granular yang mengendap di bagian bawah reaktor. Lumpur tersebut terdiri dari campuran mikroorganisme, termasuk bakteri dan arkea mikroba, yang melakukan pencernaan anaerobik.

  3. Bahan organik dalam air limbah berfungsi sebagai sumber makanan bagi mikroorganisme. Mereka menguraikan senyawa organik kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana, terutama gas metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2), melalui proses pencernaan anaerobik.

  4. Biogas yang dihasilkan (metana dan karbon dioksida) naik melalui lapisan lumpur dan terkumpul di bagian atas reaktor. Biogas tersebut dapat dikumpulkan dan digunakan sebagai sumber energi terbarukan.

  5. Air limbah yang telah diolah, yang kini memiliki kandungan organik yang lebih rendah, terus naik dan keluar dari bagian atas reaktor.

Proses UASB memiliki beberapa keunggulan, termasuk efisiensi pengolahan yang tinggi, konsumsi energi yang rendah, dan potensi untuk memulihkan biogas. Proses ini dapat efektif menghilangkan polutan organik dari air limbah, mengurangi kebutuhan oksigen biokimia (BOD) dan kebutuhan oksigen kimia (COD). Proses ini umumnya digunakan untuk pengolahan air limbah industri, seperti yang dihasilkan oleh industri makanan dan minuman, farmasi, dan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...