Circulating cyclone fluidized sand bed reactor

Circulating cyclone fluidized sand bed (CCFSB) adalah sebuah sistem reaktor yang digunakan dalam pemrosesan gas atau fluida padat-cair. Sistem ini menggabungkan prinsip aliran berpusat pada pusat (cyclone) dan penggunaan pasir sebagai media fluidisasi.

cold model circulating cyclone fluidized sand bed

Dalam CCFSB, campuran gas dan partikel padat (misalnya, pasir) dimasukkan ke dalam sebuah tangki reaktor yang dilengkapi dengan perangkat cyclone di bagian atas. Gas dan pasir bergerak dalam aliran melingkar di dalam tangki, dengan gaya sentrifugal dari perangkat cyclone menyebabkan partikel padat terpisah dari gas dan jatuh kembali ke dasar tangki.

Proses fluidisasi terjadi ketika aliran gas mengangkat partikel pasir ke atas dan membentuk suspensi fluida. Pasir menjadi fluida dan berperilaku seperti fluida yang dapat mencampur dan berinteraksi dengan fase gas. Keuntungan dari CCFSB adalah adanya pengembalian partikel pasir kembali ke dasar tangki, yang memungkinkan kontak dan interaksi yang lebih intens antara partikel pasir dan gas.

CCFSB biasanya digunakan dalam aplikasi pemrosesan gas atau fluida padat-cair, seperti pengolahan limbah, pembuatan bahan kimia, dan proses reduksi atau pembakaran. Sistem ini memungkinkan transfer massa dan panas yang efisien antara fase gas dan padatan, serta memungkinkan reaksi kimia atau pemisahan yang efektif.

Pemilihan ukuran partikel pasir yang tepat, aliran gas yang optimal, dan pengaturan desain cyclone yang sesuai sangat penting dalam CCFSB. Hal ini memastikan efisiensi reaksi, pengendalian aliran padatan, dan pencapaian tujuan proses yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...