Mengetahui Alamat Sensor Suhu DS18B20 Bila Menggunakan Lebih Dari Satu Sensor Bersamaan

    Terkadang kita menggunakan lebih dari satu sensor suhu dalam satu proyek. Misal ada beberapa tangki tabung akrilik modular yang masing masing tangki harus diketahui suhunya. Untuk itu kita harus mengidentifikasi alamat pada setiap sensor suhu DS18B20 yang digunakan, sehingga data suhu pada masing masing sensor dapat tampil pada serial monitor. Bagimana kita dapat mengetahui alamat sensor DS18B20 ?

Ada beberapa cara untuk memeriksa dan mencatat alamat sensor DS18B20 secara manual menggunakan Arduino. Anda bisa menggunakan kode di bawah ini untuk memeriksa alamat sensor DS18B20 dan kemudian menyalin alamat tersebut untuk digunakan dalam program Anda. Berikut adalah contoh kode sederhana untuk memeriksa alamat sensor DS18B20:Top of Form

#include <OneWire.h>

#define ONE_WIRE_BUS 2 // Pin data sensor DS18B20

OneWire oneWire(ONE_WIRE_BUS);

void setup() {

  Serial.begin(9600);

  findAddresses();

}

void loop() {

  // Tidak ada yang dilakukan di loop

}

void findAddresses() {

  byte i;

  byte present = 0;

  byte data[12];

  byte addr[8];

  Serial.println("Cari alamat sensor...");

  while (oneWire.search(addr)) {

    Serial.println();

    Serial.print("Alamat Sensor: ");

    for (i = 0; i < 8; i++) {

      Serial.print("0x");

      if (addr[i] < 16) {

        Serial.print('0');

      }

      Serial.print(addr[i], HEX);

      if (i < 7) {

        Serial.print(", ");

      }

    }

    if (OneWire::crc8(addr, 7) != addr[7]) {

      Serial.println("CRC tidak cocok!");

      return;

    }

  }

  Serial.println("\nPencarian selesai.");

  oneWire.reset_search();

  delay(1000); // Tunggu sebentar sebelum mengulang pencarian

}

    Kode di atas akan mencari alamat sensor DS18B20 yang terhubung ke pin data yang ditentukan. Alamat sensor akan ditampilkan di Serial Monitor Arduino IDE. Anda dapat menyalin alamat yang ditemukan untuk digunakan dalam program Anda.

Setelah Anda menyalin alamat sensor, Anda dapat memasukkannya ke dalam kode program Anda untuk membaca suhu dari sensor yang spesifik. Pastikan untuk menyalin alamat dengan benar dan sesuai dengan format yang diharapkan oleh kode program Anda.

Sensor DS18B20 memiliki alamat yang unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap sensor secara individual dalam jaringan OneWire. Namun, jika Anda hanya menggunakan satu sensor, Anda bisa mengabaikan langkah-langkah yang terkait dengan pencarian atau penggunaan alamat sensor.

Dalam banyak kasus, contoh kode atau library yang digunakan untuk membaca suhu dari sensor DS18B20 secara otomatis akan menangani proses pencarian alamat sensor dan memperoleh alamat tersebut secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu secara manual menetapkan atau mencari alamat sensor jika Anda hanya menggunakan satu sensor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...