Desain dan cara kerja multiport valve

Multiport valve (klep multiport) adalah perangkat yang digunakan dalam sistem filter air, terutama dalam sistem filter kolam renang, untuk mengendalikan arah aliran air dan fungsi-fungsi lainnya. Desain dan cara kerja multiport valve dapat dijelaskan sebagai berikut:

Desain Multiport Valve:

Multiport valve umumnya terdiri dari sebuah badan valve (body) yang terbuat dari bahan tahan korosi seperti PVC atau ABS. Pada badan valve tersebut terdapat lubang-lubang yang terhubung dengan pipa-pipa dalam sistem filter. Lubang-lubang ini biasanya memiliki label yang menunjukkan fungsi dan arah aliran air yang terkait.

Fungsi-fungsi Multiport Valve:

Filter: Ketika posisi valve diatur ke posisi "Filter", air mengalir dari kolam renang melalui klep menuju tangki filter. Di dalam tangki filter, air melewati media filtrasi (seperti pasir) yang menghilangkan partikel-partikel kotoran dari air sebelum kembali ke kolam.

Backwash: Pada posisi "Backwash", arah aliran air dibalikkan sehingga air mengalir dari atas tangki filter dan mengeluarkan kotoran yang terperangkap di dalam media filtrasi. Kotoran ini kemudian diarahkan ke saluran pembuangan.

Rinse: Pada posisi "Rinse", air digunakan untuk membersihkan media filtrasi setelah proses backwash. Air mengalir melalui media filtrasi dari atas ke bawah untuk melarutkan sisa-sisa kotoran dan mengembalikan kejernihan air.

Waste: Posisi "Waste" digunakan untuk mengalirkan air langsung ke saluran pembuangan, menghindari masuknya air kotor ke dalam kolam renang, misalnya saat menguras air kolam.

Closed: Pada posisi "Closed", semua lubang ditutup sehingga tidak ada aliran air melalui valve. Posisi ini digunakan saat perawatan atau perbaikan sistem.

multiport valve filtering and backwashing

Cara Kerja Multiport Valve:

Multiport valve dilengkapi dengan tuas (handle) yang dapat diputar untuk memilih posisi yang diinginkan. Saat tuas diputar, piston atau keran di dalam valve bergerak sesuai dengan posisi yang dipilih, mengalihkan aliran air sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Misalnya, jika posisi "Filter" dipilih, piston akan membuka jalur aliran air dari kolam renang ke dalam tangki filter, sehingga air disaring melalui media filtrasi. Jika posisi "Backwash" dipilih, piston akan mengalihkan arah aliran air sehingga kotoran dalam media filtrasi dibuang melalui saluran pembuangan.



Penting untuk mengikuti instruksi pabrik dan memahami label pada multiport valve untuk menggunakan fungsi-fungsi dengan benar dan mempertahankan keandalan sistem filter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...