Acrylic Tube -Tabung Acrylic – Acrylic Pipe – Pipa Acrylic



Material yang bening, indah untuk dekoratif, dan aman untuk proses pengolahan makanan
(FDA certificate) . stabil terhadap sinar UV ( Ultra Violet resistance).
Karakteristik utama material PMMA PolyMethylMetaAcrylate, atau lebih dikenal dengan nama acrylic, adalah warnanya yang bening transparan. Tidak hanya sekedar transparan, acrylic juga sedikit sekali menyerap sinar yang melalui material tersebut dan hampir seluruh sinar yang masuk diteruskan. Disinilah letak perbedaan optik yang utama antara kaca dan acrylic. Walaupun bening, kaca menyerap sinar yang masuk sehingga semakin tebal kaca tersebut maka semakin sedikit sinar yang dapat melaluinya, maka sifat transparannya makin berkurang. Pada acrylic, penyerapan sinar yang terjadi demikian kecil sehingga walaupun ketebalannya bertambah, sifat transparannya tidak banyak terpengaruh.
Perbedaan yang lain adalah kaca lebih bersifat getas dan dibandingkan acrylic. Acrylic bersifat lebih elastis, sehingga secara teknis lebih dapat bertahan pada hentakan tekanan dinamik air.


Tabung acrylic juga memiliki potensi besar bagi industri minuman di Indonesia. Karena sifatnya yang food safe , tidak mendukung berkembangnya mikroorganisme, disertai akurasi bentuk ukuran dan diameter yang presisi membuat tabung acrylic cocok untuk diaplikasikan menjadi pipa-pipa transfer pada industri minuman botol, kalengan dan susu formula.

Tingkat kejernihan tabung acrylic juga memudahkan proses kendali kualitas terhadap warna suatu produk minuman, menggantikan kaca yang masih menjadi pilihan utama saat ini. Keuntungan lain yang diperoleh adalah berat acrylic yang jauh lebih ringan dibandingkan kaca dan proses pengerjaan yang flexible, mudah dan tidak berbahaya.

Aplikasi :


Dipakai di industri makanan, pipa transparan untuk inspeksi powder atau flow media lainnya, tabung pengintip untuk indikator aliran media, laboratorium, tabung oli otomatik, tabung ukur curah hujan, tabung ukur flow leveling, inspeksi larutan/ campuran media, industry tekstil, protein skimmer, pipa transparan untuk vacuum conveyor, tabung transparan penyaring air, calcium reactor dan lain lain.


Beberapa contoh foto applikasi (lihat link)

Hexagonal acrylic tube for flow diffuser
(untuk membuat desain custom lain silakan email ke :
hudi_leksono@yahoo.com)

Wetted Water Column
Fluidized Bed : papan dinding menggunakan pvc foam board
Algae Bio Reactor

Ketahanan kimia (lihat link)


Ukuran stock  (satuan mm)
OD : Outside Diameter/ Diameter Luar
ID : Inside Diameter/ Diameter Dalam
(panjang standard per batang 2 meter)


Ø OD 8 Ø ID 4 tebal 2
Ø OD 10 Ø ID 8 tebal 1
Ø OD 10 Ø ID 6 tebal 2
Ø OD 12 Ø ID 8 tebal 2
Ø OD 13 Ø ID 10 tebal 1.5
Ø OD 15 Ø ID 10 tebal 2.5
Ø OD 16 Ø ID 12 tebal 2
Ø OD 20 Ø ID 16 tebal 2
Ø OD 25 Ø ID 19 tebal 3
Ø OD 30 Ø ID 24 tebal 3
Ø OD 38 Ø ID 32 tebal 3
Ø OD 40 Ø ID 36 tebal 2
Ø OD 50 Ø ID 46 tebal 2
Ø OD 50 Ø ID 44 tebal 3
Ø OD 56 Ø ID 50 tebal 3
Ø OD 60 Ø ID 54 tebal 3
Ø OD 70 Ø ID 64 tebal 3
Ø OD 80 Ø ID 74 tebal 3
Ø OD 80 Ø ID 74 tebal 3
Ø OD 90 Ø ID 84 tebal 3
Ø OD 100 Ø ID 94 tebal 3

Ø OD 100 Ø ID 90 tebal 5
Ø OD 110 Ø ID 100 tebal 5
Ø OD 120 Ø ID 110 tebal 5
Ø OD 150 Ø ID 140 tebal 5
Ø OD 200 Ø ID 190 tebal 5
Ø OD 250 Ø ID 240 tebal 5



Ketahanan Internal Pressure Tabung Acrylic
Ketahanan Tekanan Internal Tabung Acrylic

Link :
Internal Pressure Rating Tabung Acrilic Casting 
(dari perhitungan standard circular theory dengan 6 kali safety factor pada suhu 25 deg C)












Ketahanan Acrylic terhadap Temperature Panas :

Acrylic tahan terhadap panas sampai maksimum 70 deg Celcius (Continuous Service Temperature)
Properties lainnya lihat link acrylic/ pmma properties

Tabung acrylic dengan heater element di bagian dasar tabung

Water Bath Acrylic Tube dengan Heater dan Thermostat



7 comments:

  1. Untuk diketahui terkadang bahkan kerap kali konsumen menanyakan ketersediaan stock tabung acrylic dengan sebutan ukuran dalam Inch, kemudian menanyakan mengenai ada tidaknya fitting untuk joining sebagaimana yang digunakan dalam pipa PVC.
    Penting untuk diketahui tabung acrylic, tidak memiliki standard sebagai pipa (pipe) untuk suatu system pemipaan, sebagaimana pipa plastik lainnya yang kita kenal seperti PVC, PP atau PE yang memiliki standard tertentu untuk tekanan tertentu (maka diameter ataupun ketebalan dinding pipa tertentu pula). Oleh karena itu untuk pipa hollow acrylic lebih tepat kita sebut tabung bukan pipa. Untuk keperluan sebatas ukuran pendek saja semisal untuk sight glass (tabung pengintip kondisi aliran fluida).
    Namun kebutuhan konsumen menuntut ukuran diameter tabung acrylic yang sesuai dengan kondisi ukuran pipa yang sudah ada/ eksis (terutama pipa PVC). Berikut ini kami cantumkan ukuran diameter luar standard pipa PVC dalam inch dan dalam mm (metric) supaya dapat dilihat dan dibandingkan dengan kondisi stok ukuran tabung acrylic. Ternyata hampir tidak ada kesesuaian antara ukuran diameter pipa PVC dengan stok tabung acrylic. Begitupun kita tidak dapat begitu saja menggunakan fitting PVC untuk keperluan fitting tabung acrylic, karena ukuran yang berbeda.
    ½ inch = 22 mm
    ¾ inch = 26 mm
    1 inch = 32 mm
    1 ¼ inch = 42 mm
    1 ½ inch = 48 mm
    2 inch = 60 mm
    2 ½ inch = 76 mm
    3 inch = 89 mm
    4 inch = 114 mm
    5 inch = 140 mm
    6 inch = 165 mm
    8 inch = 216 mm
    10 inch = 267 mm
    12 inch = 318 mm

    Hudi Leksono : Admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pesan yg 3 inch dan 4 inch, masing" 1 meter om

      Delete
  2. Timbul pertanyaan dan hal ini seringkali pula ditanyakan kepada admin : Bagaimana, "cara menyambung pipa acrylic ke pipa pvc ?".
    Cara menyambung pipa acrylic ke pipa pvc adalah dengan menggunakan fitting pvc yang sesuai dalam hal ini diameter luar (OD : Outer Diameter) pipa acrylic masuk pas ke diameter dalam (ID : Inner Diameter) fitting pipa pvc. Bila tidak terlalu pas, anda bisa melakukan sedikit tricking dengan mengamplas bagian luar pipa acrylic atau bagian dalam pipa pvc. Setelah dirasa cukup pas, anda bisa menggunakan lem pvc yang umum digunakan untuk pemipaan (umumnya yang berkualitas standard industri biasanya diproduksi dalam kemasan kaleng, anda bisa menggunakan lem isarplas super ASTM D-2564 produksi PT Dynea Indria), atau merk lem pvc apapun dengan standar industri. Poleskan bagian pipa acrylic dan fitting pipa pvc yang hendak disambung, sambung bagian pipa sewaktu lem masih basah. Diamkan sampai sambungan mengeras, kuat, dan tidak mudah dilepas. Semakin lama lem semakin kuat merekatkan keduanya. Semoga bisa membantu. Salam

    ReplyDelete
  3. diameter 2 inchi ada gak om. .berapa harganya

    ReplyDelete
  4. pipa acrilic kalau jatuh rawan pecahkah?

    ReplyDelete
  5. Saya mau mesen diameter 3 inch dan 4 inch satu meter berapa ya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...