HMW PE (High Molecular Weight Polyethylene) / PE 500

HMW PE colour Green


HMW PE (High Molecular Weight Polyethylene)

Kita mungkin akan dibingungkan dengan plastik polyethylene, ketika user sudah memastikan bahwa part plastik yang diinginkan dari suatu applikasi adalah polyethylene. Tapi polyethylene yang mana ? dengan grade berat molekul berapa ?. Ketika user ditanyakan hal ini, yang ditanya tentu tak kalah bingung dengan yang bertanya hehe …,begitulah. 

Tidak heran karena Polyethylene mempunyai banyak deskripsi properties, hal paling utama properties polyethylene ditentukan oleh berat molekul. Apa itu berat molekul polimer/ plastik (lihat link ini). Secara ringkas polyethylene di kelaskan dalam tiga penamaan umum ini LDPE (PE 100), HDPE (PE 300), HMW PE (PE 500), UHMW PE (PE 1000) bahkan grade lebih tinggi lagi berat molekulnya (PE 2000). 


Berat jenis dan berat molekul adalah nilai paling penting untuk merujuk karakter properties dari polyethylene. Banyak properties mekanikal seperti flexural dan torsional rigidity (twistability) dan yield stress tergantung dari berat jenis (density). Sementara notched impact strength (toughness) terutama pada derajat temperature rendah, wear resistance (ketahanan aus/melawan gesekan) dan stabilitas dimensi (dengan peningkatan temperature) dan ketahanan terhadap stress cracking tergantung dari Molecular Weight.
Ketika berat molekul polyethylene ditingkatkan, berkorelasi dengan meningkatnya sejumlah nilai properties teknik antaranya :

Wear resistance
Notched impact strength
Stress cracking resistance
Energy absorption capacity at higher stress rates  (lihat video pada link page ini)
Heat distortion resistance
Ultimate tensile strength at elevated temperatures

Nilai properties yang meningkat ini menjadi imbalan yang berarti karena harga HMW PE bahkan terlebih lagi UHMW PE menjadi berkali lipat dibandingkan harga LDPE dan HDPE.

Inilah yang menjadikan polyethylene yang kita kenal sebagai jenis komoditas plastik (LDPE, HDPE) meningkat kelasnya menjadi engineering plastik (HMW PE dan UHMW PE).

Baiklah sekarang kita fokus untuk High Molecular Weight Polyethylene. Perbandingan dan pilihan antara HMW PE dan UHMW PE seringkali menjadi topik yang hangat dikalangan engineering (baca link topik forum ini : test to determine HMW PE or UHMW PE), memilih keseimbangan antara harga dan ketercukupan grade plastik untuk menangani suatu applikasi tertentu dengan harapan masa pakai memang hal yang menarik.

HMW PE

Lihat perbandingan properties HMW PE (PE 500) dengan UHMW PE (PE 1000) berikut sumber : OKULEN

 

Dari perbandingan kedua data properties antara HMW PE dan UHMW PE di atas dapat dilihat bahwa justeru HMW PE memiliki berat jenis (density) 0,96 atau sedikit lebih tinggi dibanding UHMW PE 0,93, membawa dampak yield stress HMW PE sedikit lebih baik (lebih kaku) dibanding UHMW PE. Namun perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah properties impak strength dan wear resistance. Berikut grafis perbandingan HMW PE dan UHMW PE serta material lain untuk impak strength dan wear resistance.


Secara awam bisa dilihat ketahanan impak PE UHMW (OK 1000) hampir 7 kali lebih tahan dibanding PE HMW (OK 500).



Serta ketahanan aus (wear resistance) PE UHMW  jauh lebih baik 4 x dibandingkan dengan HMW PE. 
Jadi kesimpulannya berat molekul yang tinggi pada polyethylen hanya berkorelasi terhadap ketahanan impak, dan ketahanan terhadap abrasi (wear resistance).

Jadi applikasi apa yang cukup memakai PE HMW mengingat harganya dipasaran hanya separuh dibanding harga PE UHMW ?

Applikasi yang tidak terlalu kuat (tidak terlalu ekstrim) untuk melawan material lain yang bersifat abrasive, atau applikasi dimana energi impak yang mengenainya tidak terlalu besar.

Biasanya HMW PE diapplikasikan pada sektor food industry contoh untuk cutting board atau chopping board, untuk lining pada bottling atau packaging conveyor, untuk impact protection pada industri otomotif atau konstruksi mesin.

AVAILABLE STOCK HMW PE dimension 1000 x 2000 mm (colour green) brand OKULEN Germany
available thickness dimension  (please call/ message phone : 08159401271)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...