mesh screen dan ukuran mikron pada filter

Cukup sering saya diminta membuat tabung reaktor berbahan acrylic, beberapa diantaranya dipakai untuk melihat pemisahan partikel, ataupun untuk tujuan pemurnian suatu reaksi. Dan biasanya digunakan mesh screen baik berbahan plastik polypropilene, nylon maupun berbahan stainless steel, bahkan woven cloth. Berikut saya share pengertian mesh dan mikron untuk pengetahuan bersama.

stainless steel mesh screen filter
nylon screen mesh
woven cloth filter


Apa itu micron, micron adalah satuan ukuran yang biasa digunakan untuk menyebut ukuran suatu partikel, ukuran satu micron sama dengan seper-satu juta meter, atau seper-seribu mm atau seper-duapuluhlimaribu inch.
Apa itu ukuran mesh, sederhananya mesh adalah banyaknya jumlah lubang/bukaan dalam panjang satu inch, jadi apabila ada empat buah lubang dalam satu inch maka disebut berukuran 4 mesh, kalau ada 100 lubang dalam satu inch, maka disebut ukuran 100 mesh. Jadi apabila jumlah lubang semakin banyak dalam 1 inch (semakin rapat), maka ukuran lubang (opening) semakin kecil, atau dengan kata lain partikel semakin sulit lolos melalui screen/filter. Atau dengan kata lain angka mesh semakin besar digunakan bila ingin menyaring partikel dengan ukuran yang lebih kecil/ halus, supaya partikel tersebut tidak mudah lolos pada screen/ filter/ media penyaring.
Untuk mengetahui berapa ukuran mesh screen yang dibutuhkan untuk menyaring suatu partikel tertentu. Kita mesti mengetahui partikel apa yang akan disaring, berapa rata-rata ukuran partikelnya. Sebagai contoh kita ingin menyaring garam dapur yang memiliki ukuran sekitar 100 mikron (sepersepuluh mm) maka kita dapat menggunakan ukuran 170 mesh (dalam 1 inch terdapat 170 lubang atau besar perlubang/ opening sekitar 88 mikron), sehingga diharapkan partikel garam yang berukuran > 88 mikron dapat tertahan pada screen tersebut.

Linear Equivalents:
1 micron = .0000394 inches
25,400 microns = 1 inch
1,000 microns = 1 millimeter

Berikut beberapa contoh perbandingan ukuran partikel :

Radius of a hydrogen atom = 0.00005 microns
Bacteria = 2 microns
Diameter of a red blood cell = 8 microns
Talcum powder = 10 microns
Diameter of a white blood cell = 25 microns
Human sperma = 55 microns
Naked-eye visibility threshold = 40 microns
Pollen = 60 microns
Diameter of a human hair, typical human = 70 microns
Table salt = 100 microns
Beach sand = 700 microns
Fine sand = 250 microns
Portland cement = 74 microns
Silt = 44 microns
Cigarette smoke = 2 microns

Terkadang dalam penulisan diberi penegasan tanda  - atau + ; misal -170 mesh artinya partikel yang berukuran kurang dari 170 mesh akan lolos melalui saringan, atau +170 mesh artinya partikel yang berukuran lebih besar dari 170 mesh akan tertahan dalam saringan. (tentunya kita bertanya 170 mesh itu seukuran berapa micron ?)

Bagaimana mengetahui kesesuaian ukuran mesh dengan ukuran lubang/opening dalam micron ? Tidak ada formula khusus/ rumus tertentu. Kita hanya dapat menggunakan konversi antara mesh dan micron mengikuti kesepakatan (konvensi) pada dunia industri. 



Pada tabel konversi tersebut terjawab sudah 170 mesh = berukuran partikel  88 mikron, jadi + 170 mesh berarti partikel yang berukuran lebih besar dari 88 mikron akan tertahan pada saringan.
Contoh soal : kita ingin agar partikel yang lebih kecil dari 1 mm, akan lolos pada saringan dan partikel yang sama atau lebih besar dari 1 mm akan tertahan, maka kita dapat menggunakan saringan berukuran 16 mesh.
Contoh lain : kita ingin supaya sperma manusia tidak lolos pada alat penyaring, maka kita dapat menggunakan filter berukuran 325 mesh (diketahui ukuran sperma manusia sekitar 55 mikron)




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...