Las Plastik Dengan High Frequency Welding

Las frekuensi tinggi (High Frequency pengelasan menggunakan frekuensi tinggi  atau sering disingkat HF welding atau RF Radio Frequency welding) adalah proses fabrikasi di mana dua bagian plastik dilas bersama-sama menggunakan medan elektromagnetik frequency tinggi bersamaan dengan pemberian tekanan.

Produk umum yang
dapat diproduksi dengan las frekuensi tinggi  antara lain kantong-kantong/ pocket untuk keperluan promosi/ advertising, sampul-sampul plastik pengaman dokumen, tenda, banner iklan, perahu karet, kantong kantong medis, plastik untuk conveyor,  jas hujan dll.
Prinsip dan keuntungan dari pengelasan frekuensi tinggi
Prinsip utama dari pengelasan frekuensi tinggi
 didasarkan pada dielectrical heating (pemanasan dielectric) material yang akan dilas. Benda-benda yang akan dilas dijepit bersama-sama antara dua elektroda logam kemudian tegangan frekuensi tinggi diberikan. Akibatnya molekul  dalam polimer plastik mulai bergetar dan memanas. Akhirnya  plastik akan lembut meleleh. Setelah pendinginan, akan terlihat jahitan permanen yang kuat bahkan lebih kuat daripada material semula.

Keuntungan pengelasan
menggunakan high frequency ini adalah kecepatan pengelasan. Material plastik yang dijepit bersama-sama, segera bergetar merata secara molekuler dan menghasilkan panas, kemudian ikatan polimernya saling lepas dan bergabung membentuk ikatan baru, setelah pendinginan  dalam hitungan detik seketika itu pula mengering  secara permanen.

Anda bisa memba
yangkan dan membandingkan memanaskan makanan dalam  microwave oven versus dalam oven tradisional yang menggunakan kompor.

Bahan apa yang dapat dilas menggunakan HF

Bahan yang paling umum digunakan dengan HF welding adalah PVC (polivinyl chloride), kadang-kadang disebut vinyl saja bahan lainnya PU (Polyurethane). Material dapat tebal ataupun tipis, dapat polos, berwarna atau bermotif/ patterned.

Beberapa contoh produk hasil pengelasan menggunakan High Frequency :
(Untuk mengetahui lebih lanjut dan info pemesanan dapat menghubungi)


 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...