Acrylic Round Rod _ Pipa Padat Acrylic _ Pipa Pejal Acrylic



Polimetil metakrilat - PMMA – atau acrylic yang kita kenal banyak digunakan dalam berbagai aplikasi selama bertahun tahun. Sifat yang paling terkenal dan menguntungkan adalah kemampuan transmisi cahaya (light transmission). Sinar/ cahaya yang mengenai plastik acrylic, memungkinkan 92% cahaya yang masuk diteruskan, sifat ini lebih baik dari kaca atau plastik lainnya. Kejelasan/ kejernihan optis yang luar biasa ini memungkinkan pemanfaatan PMMA/acrylic dalam banyak hal terutama aplikasi optik dan pencahayaan (lampu/lighting).

Keinginan untuk mendapatkan efek pencahayaan yang unik dari material acrylic menjadikan pabrik pembuat acrylic menciptakan variasi derajat light transmission yang berbeda, akibatnya kita mengenal acrylic transparan clear (acrylic bening), acrylic translucent, acrylic satin, acrylic opaque dll. Ketidakrataan/ ketidakhalusan permukaan acrylic juga dapat menimbulkan dramatik pencahayaan tertentu, hal ini karena cahaya dibaurkan/ difuse saat melewati permukaan yang tidak halus. Hal ini menginspirasi orang untuk membuat seni graveer ataupun sandblast (frosted acrylic) dari acrylic transparan.

Kembali pada custom tabung acrylic, kita dapat membuat rumah/ housing untuk lampu baik untuk indoor terlebih lagi untuk outdoor. Seperti kita ketahui kelebihan acrylic disamping sifat meneruskan cahaya yang hampir sempurna, acrylic juga lebih tahan terhadap resiko pecah dibanding gelas/ kaca, lebih ringan, dan tahan lama terhadap ekspose sinar uv.

Sifat pengerjaan yang relatif mudah menjadikan acrylic mempunyai banyak kesempatan untuk dijadikan elemen seni yang menarik dan dapat anda kerjakan sendiri secara DIY (do it yourself). Coba perhatikan foto berikut ini. Awalnya saya diminta untuk membuatkan rumah lampu untuk taman outdoor.

Dibuatlah tabung acrylic custom dengan diameter 17 cm tinggi 20 cm, lalu saya tambahkan dome dan saya tempelkan acrylic round rod di atas dome (kubah tersebut) untuk memberikan efek lebih indah. Tentunya bila kita selesai sampai di sini saja, tidak ada efek cahaya lampu yang istimewa, terkesan hanya sekedar housing pelindung lampu dan bentuk bohlam/ lampu akan terlihat jelas. 

Sekarang saya buat sebagian permukaan acrylic clear tersebut efek satin, atau sandblast, atau frosted atau sebut saja apalah gituu...,dan lihatlah efek cahaya itu. Efek seperti ini tidak akan kita dapatkan bila kita menggunakan acrylic susu, ataupun acrylic satin. Selain sentuhan personal ada unsur seni yang bisa kita mainkan. 




Selanjutnya saya ingin berbagi bagaimana kesan cahaya pada acrylic rod pejal.

seperti inilah acrylic rod/ acrylic pipa padat/ acrylic pipa pejal, sebagai contoh saya gunakan diameter 10 mm.
Cukup dengan menambahkan sumber sinar bohlam ataupun lampu led dibagian dasar acrylic rod tersebut kita sudah mendapatkan pencahayaan yang menarik. Sekarang kita coba untuk memvariasikan agar tampak lebih indah lagi.

Bagaimana dengan ini, saya membuat kesan sandblast disebagian ruas dan membiarkan sebagian ruas lainnya. Kita sebut saja acrylic bamboo lighting semakin keren dengan penamaan ini hehe ..
Atau ini, saya menggraveer secara manual dengan bantuan mini drill. Kita namakan saja Acrylic rod lighting model dna spiral helix, nama yang terkesan begitu cerdas xixi

Untuk yang ini kita namakan saja sesuatu yang lebih puitis Acrylic rod lighting morning dew. hehe setuju .., acrylic rod ini saya perlakukan dengan pemanasan hingga permukaan acrylicnya melepuh.









Sekarang bagaimana bila kita satukan ketiganya dalam satu rumpun di atas dasar lampu led.


Tentunya sobat bisa lebih baik lagi dalam inovasi dan kreasi, selamat mencoba ...

Tersedia stok pipa padat acrylic dengan diameter berikut (panjang standar 2 meter) :
8 mm 10 mm 12 mm 15 mm 20 mm 25 mm 30 mm 35 mm 40 mm 45 mm 50 mm 60 mm 65 mm 70 mm 100 mm

  
Lyx Furniture & Light, Stockholm, Sweden
https://mooshir.wordpress.com/tag/lighting/
http://www.cozystylishchic.com/2014/06




2 comments:

  1. Berapakah harga akrilik rod padat untuk ukuran 8mm per lonjornya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...