Vinyl Flooring Welding Rod



Vinyl Flooring Hot Gas Welding

Teknik las plastik tidak hanya dipakai dalam engineering untuk memproduksi tanki tanki kimia, pemipaan untuk transport air atau bahan kimia, gutter, lemari asam dan lain lain. Namun juga merambah bidang arsitektur interior bangunan. Salah satunya adalah las plastik untuk vinyl flooring (lantai karpet vinyl). 

Contoh pemasangan vinyl karpet  dapat kita lihat/perhatikan  terutama diaplikasikan pada ruang di rumah sakit (seperti kamar operasi OK, ruang intensive care ICU, ruang perawatan khusus/ isolasi). Vinyl karpet juga diaplikasikan pada area senam, lapangan olahraga indoor,  lantai dansa, lantai basah kolam renang (vinyl khusus anti slip),  lantai bermain anak-anak, atau untuk area yang bersifat kebutuhan hygienis lainnya seperti lantai pada mobil ambulance.

Seperti kita ketahui sifat plastik adalah konduktor suhu yang buruk, sehingga lantai vinyl menciptakan suhu lantai yang hangat pada saat cuaca yang dingin. Lantai vinyl adalah plastik jenis PVC (Polyvinyl Chloride) yang kita kenal namun bertipe PVC – P (plasticized). Plastisize adalah bahan additive yang ditambahkan sehingga plastik memiliki sifat plastis/ fleksibilitas yang tinggi (tidak kaku/ dengan permukaan yang cukup lembut). Kesan permukaan yang tidak keras/ lembut ini menimbulkan sensasi yang nyaman untuk melantai terutama untuk ruang senam, lantai dansa, ruang latihan tari, olahraga indoor, arena bermain balita dan lain lain.

Proses perencanaan pemasangan lantai vinyl (drawing) adalah proses awal dan paling penting  untuk menimbulkan efek estetika yang dramatik  dari nuansa dekoratif yang ingin kita tampilkan.Sementara proses pengerjaan welding (las plastik vinyl) adalah proses tahap akhir dari penyelesaian pemasangan lantai vinyl. Ada tujuan utama dari las lantai vinyl pertama adalah untuk menjaga higienitas  dan daya ikat antar sambungan lantai vinyl. Debu, kotoran, ataupun jasad renik  bisa saja terselip/ bersembunyi dibalik sambungan lem antar vinyl (terutama dalam jangka waktu pemakaian tertentu yang tidak menutup kemungkinan sambungan lem terkelupas, bisa saja karena faktor perubahan suhu, kelembaban atau beban dan gesekan terhadap lantai vinyl).  Tujuan lainnya adalah memperkuat kesan estetika dekoratif dari pemasangan geometris lantai vinyl yang kita idamkan. 

Berikut beberapa tampilan contoh pemasangan lantai vinyl.

Vinyl Flooring Operating Theater
Vinyl Flooring Ambulance Interior
vinyl flooring decorative design


Kawat Las Karpet Vinyl
Kawat las vinyl adalah kawat las PVC - P, secara fisik kawat las ini lebih lentur/ fleksibel dan lebih lemas dibanding dengan kawat las U PVC yang kita kenal. Karena yang dibutuhkan disamping untuk joining lembaran vinyl, juga dipentingkan aspek dekoratif estetisnya, maka kawat las vinyl ini hadir dengan berbagai macam warna dalam kemasan spool coil.


Bagaimana cara dan proses welding untuk vinyl flooring ? ... dapat dilihat dalam illustrasi video berikut :


 Unit tools yang diperlukan untuk las vinyl floor :
Leister Triac ST + set vinyl flooring



push fit tubular nozzle
speed welding nozzle 4 mm
spatula knife
trimming guide
hand grooving tool and spare blades
set vinyl flooring in plastics box case

Teknik pengerjaan vinyl welding floor pada dua bidang lantai dan dinding/ coving dan corner,  dapat dipelajari pada video berikut ini : Teknik Pemasangan Vinyl flooring pada Sudut Bidang Lantai dan Dinding




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...