POM Polyacetal




POM atau PolyOxyMethylen atau Polyacetal atau Polyformaldehyde adalah material kelas engineering. POM memiliki kombinasi koefisien gesek rendah, tingkat abrasi yang baik dan kekerasan material yang cukup. POM sesuai kepantasan dari cost material adalah pilihan pertama  untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan presisi tinggi. POM memiliki kestabilan dimensi yang baik pada peningkatan suhu, dan dapat diaplikasikan pada temperature sekitar 100 degC. POM juga tahan melawan hydrolysis.
POM dikenal sebagai material thermoplastik yang sering digunakan untuk menggantikan beberapa aplikasi-aplikasi metal. Karakteristik utamanya adalah koefisien gesek yang rendah ( 0,35) , tahan aus, dan permukaannya yang keras. Selain itu, POM-C juga tahan terhadap cairan basa, bensin, alkohol, dan pelumas.

Nilai ketahanan elastis E-modulus of elasticity ( E-modul) yang cukup tinggi mencapai 2600 MPa dan kekerasan permukaan yang cukup (notch impact strenght) membuat POM-C lebih ulet tahan menerima gaya tekan dan tarik.

Tingkat penyerapan air yang sangat rendah hanya 0, 2 % , juga memberi kelebihan tersendiri bagi POM-C membuat stabilitas dimensi selalu terjaga. POM yang diproduksi dengan kualitas raw material yang baik seharusnya tidak memiliki microporosity, Microporosity dapat merusak material ketika material tersebut diberi tekanan dalam waktu lama ( continuous stress) dan menimbulkan pecahan ( stress crack) . Adanya stress crack ini perlahan-lahan akan menurunkan kekuatan mekanis, antara lain elastisitas dan tegangan tarik yang menjadi penyebab kegagalan ( failure) .

Kombinasi optimal dari tingginya tegangan tarik 63 MPa, tingginya tingkat kelicinan, kekerasan permukaan dan tegangan ikatan antar molekul yang optimal menjadikan POM sangat cocok dan disarankan pada aplikasi yang menuntut kestabilan dimensi, ketelitian tinggi seperti contoh aplikasi parts mesin bergeometri komplex dan rumit yang menuntut kestabilan dan presisi tinggi.

applikasi :
bearings, fittings, gear wheels, parts for pumps, bobbins, parts for textile industry

please see on my slide share
http://www.slideshare.net/HudiLeksono/acetal-copolymer-pom

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...