Polyvinylchloride PVC-U



PVC-U Sheet 122 x 244 colour dark grey
Di antara komoditas thermoplastik lainnya dengan aplikasi luas untuk tanki tanki kimia. PVC U memiliki tensile strength yang paling kuat  55 MPa dibanding PP 30 MPa dan PEHD 22 MPa, dengan kata yang lebih sederhana PVC-U memiliki kekakuan hampir dua kali lipat dibandingkan PP dengan ketebalan lembaran plastik yang sama. Dengan demikian patut diperhitungkan konstruksi tulangan tanki kimia yang lebih mencukupi untuk lembaran plat PP terlebih lagi HDPE. 

Namun sayangnya mekanikal strength yang lumayan tinggi pada PVC-U tidak diikuti ketahanan melawan temperature tinggi. PVC-U hanya dapat digunakan pada continuous service use temperature 60 degC. Namun demikian PVC-U adalah plastik yang paling banyak digunakan, dan populer untuk aplikasi aplikasi kimia atau aplikasi non kimia terutama yang membutuhkan konstruksi kokoh dan tahan air disamping tentu karena faktor harga yang relatif lebih murah dibanding PP dan PEHD. Hal menarik lainnya karena PVC-U adalah satu satunya material plastik yang dapat di fabrikasi dengan lem solvent PVC-U glue, hal ini sangat menguntungkan karena prosesnya mudah dan cepat dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun tanpa peralatan lainnya yang dibutuhkan. Joining dengan metode las plastikpun bukan suatu kendala. PVC-U dapat diwelding dengan mudah dan hasil yang memuaskan.

Hal lainnya PVC-U adalah plastik yang secara alami bersifat flame retardant (menghambat perambatan api) atau dalam literature UL  sifat flamability-nya VO artinya api akan mati dengan sendirinya ketika sumber api tidak lagi menyentuh plastik. Berbeda dengan PP ataupun HDPE dimana api akan cepat menjalar dan menimbulkan lelehan yang menyebabkan resiko kebakaran bertambah besar. Unsur gas chlor yang dilepaskan,  ketika PVC-U terbakar menyebabkan oksigen sebagai syarat pembakaran terhalang olehnya. Terkadang keamanan dan keselamatan konstruksi bangunan yang disebabkan karena tingginya resiko kebakaran, mensyaratkan kelas VO ini untuk bahan material yang terbuat dari plastik.

Untuk penyimpanan bahan kimia ataupun menangani proses-proses kimia dimana temperature cukup rendah <60 degC, PVC-U dapat diandalkan. PVC-U tahan terhadap : Ammonia, Chrom sulfuric acid, Potassium, Sodium Chloride, Sodium Hypochloride, Sodium Hydroxide, Asam Phospat (Phosporic acid), Asam nitrat (Nitric acid), Hydrochloric acid (HCl), Asam format (Formic acid) dll.

Untuk lebih lengkapnya ketahanan kimia PVC-U serta komparasi dibanding jenis plastik lainnya dapat dilihat di tautan berikut ini plastics chemical resistance chart. 



Dibandingkan PP ataupun HDPE, untuk melawan kimia pengoksidasi kuat (oxidizing agent) ternyata PVC-U  tingkat ketahanannya lebih baik. Lihat data tabel di bawah ini, bandingkan ketahanan PP, HDPE dan PVC terhadap golongan kimia oxidizing agent. (E : Excellent G : Good  F : Fair  N : Not Resistance)


Semakin ke kanan sifat pengoksidasi (kemampuan mengikat elektron semakin kuat)
Beberapa contoh pengoksidasi kuat (oksigen transfer) 
sumber wikipedia :
PVC-U memiliki sifat kaku (RIGID), namun ulet (TOUGH)  memberikan kemampuan tersendiri untuk kemudahan difabrikasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi (seperti part mesin mesin yang bersentuhan dengan bahan kimia, konstruksi mesin, konstruksi pompa maupun tanki dan aplikasi lainnya).

MUDAH DIFABRIKASI
Mudah dimesining :
Cutting, sawing, turning, filing, drilling, planning, milling, grinding, screwing
Mudah diforming/ dibentuk :
Thermoforming, stretch forming, vacuum forming, bending, folding
Mudah diwelding/ dilas :
Hot gas, heated tool/ butt
Mudah dilem dan merekat kuat

APPLIKASI :
Tanki kimia, anti korosif parts, tanki bleaching, centrifugal separator, exhaust ducts, fume ducting, scrubber, hidrocloric acid tank liners ( resistance sangat baik bahkan pada konsentrasi 35 % ) , pompa bahan kimia, tanki reaksi/ reaktor, tanki electroplating, tanki sulphuric acid, valves, suction apparatus, sinks, agitator dll.


Dikarenakan sifat isolator listrik, PVC-U mampu bertahan terhadap tegangan listrik (dielectrical strength) yang mencapai =23 kV, PVC-U sangat tepat digunakan sebagai parts dan panel isolator listrik tegangan tinggi.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...