PVC Foam Board untuk Vertikal Garden



Vertical Garden Patrick Blanc
PVC Foam board khususnya dengan ketebalan 10 mm, adalah material plastik yang ideal untuk aplikasi aplikasi building baik untuk interior, maupun eksterior. Pemanfaatan PVC Foam board 10 mm salah satunya adalah sebagai komponen material konstruksi pembuatan taman vertical/ vertical garden yang telah lama diperkenalkan oleh Patrick Blanc, seorang landskaper asal Perancis. Sesuai dengan namanya vertical garden adalah taman yang ditanam secara vertical untuk menyiasati keterbatasan lahan, disamping itu mengurangi dampak polusi udara perkotaan, memperbaiki suplai udara bersih/ oksigen, menurunkan suhu gedung dan memperbaiki  kualitas lingkungan dengan kesan sejuk, indah dan nyaman. 


Vertical garden adalah salah satu bentuk rekayasa lingkungan juga sosial untuk mengubah wajah perkotaan yang berkesan keras dengan hutan beton, kaku, dan angkuh menjadi lingkungan yang lebih mendekatkan manusia pada alam nan asri yang mendamaikan dan bersahaja.

Taman pada vertical garden dirancang dengan tidak menempel langsung pada tembok, sehingga tidak merusak tembok gedung. Tembok gedung ataupun rumah hunian hanya digunakan untuk menjangkarkan (dengan dynabolt) konstruksi rangka alumunium, galvanis atau baja ringan sebagai frame (dipilih karena kuat ringan dan tahan karat) untuk menempelkan secara vertikal PVC Foam board 10 mm dan juga geotextile di atasnya. Kekuatan rangka diperkirakan harus mampu menahan berat sekitar 20-30 kg/m2 yaitu terdiri dari total berat PVC Foam Board 10 mm, berat geotextile dan tanaman ketika basah.

PVC Foam Board dipilih karena ringan dengan berat jenis sekitar 0,5 – 0,6 g/cm3, sehingga dengan tebal PVC Foam Board 10 mm berat per m2 hanya 5 – 6 kg. Seluruh struktur vertical garden (rangka + PVC + karpet + tanaman) berbobot maksimal 50kg/m². Tidak boleh lebih dari itu. Inilah ukuran ideal vertical garden, menurut Patrick Blanc.

Menurut Patrick Blanc, jarak antara tembok utama dan rangka papan pvc bisa berbagai ukuran. Rangka aluminium biasanya langsung dipasang pada tembok utama. Ruang udara antara tembok utama dan lembar PVC berkisar sekitar 5 cm (di sebagian besar proyek) sampai 30 cm. Ini ukuran yang ideal untuk ruang udara antara tembok utama dengan papan pvc yang sudah terpasang. Beberapa gambar di bawah ini hanya untuk menunjukkan jarak tembok (rangka) dengan lembar pvc yang akan terpasang.

Struktur Rangka Galvanis/ Alumunium pada Tembok




Pemasangan PVC Foam Board ketebalan 10 mm


PVC Foam Board 10 mm yang telah terpasang pada rangka


Setelah PVC Foam board terpasang selanjutnya ditempelkan geotextile dengan bantuan staples.

Geotextile sebagai media penjangkaran akar tanaman



Pola rancangan peletakan tanaman pada geotextile

Di atas geotextile tersebut, beragam macam tanaman disusun sedemikian rupa sesuai pola rancangan dengan membuat sobekan menyerupai kantung tanaman pada geotextile. Antara geotextile dengan PVC Foam Board telah disiapkan pipa pipa air untuk penyiraman dan pemupukan tanaman yang telah di atur secara otomatis. 

Penyiraman dan pemupukan secara otomatis dengan sistem Netafim
Inilah rekayasa lingkungan yang memperbaiki mutu lingkungan hidup secara sosial ...

SEBELUM ...kesan keras, kaku, angkuh, membosankan, gersang, panas, polutif ...


SESUDAH ... kesan sejuk, segar, hijau, asri, ramah lingkungan, nyaman, sedap dipandang

Vertical Garden Patrick Blanc


Berikut E book vertical garden karya Patrick Blanc yang bisa di download klik pada gambar :

Vertical_Garden_Patrick_Blanc

sumber lain :
http://www.verticalgardenpatrickblanc.com/


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...