Jenis Acrylic berdasarkan proses produksi



Istilah "akrilik" dipergunakan untuk produk-produk yang mengandung bahan yang berasal dari asam acrylate atau senyawa sejenis.  Istilah ini kerap digunakan untuk menggambarkan plastik jernih seperti kaca/glass yang lebih tepatnya merupakan polimer poli(metil)-metakrilat atau disingkat PMMA.  PMMA, juga disebut kaca akrilik karena memiliki sifat yang menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk banyak produk yang mungkin juga tadinya dibuat dari kaca.  Sebetulnya ada dua jenis akrilik dilihat dari proses pembuatannya yaitu jenis ekstrusi (extruded acrylic atau sering ditulis xt) dan jenis cetakan atau ditulis pmma cast.

Akrilik ekstrusi 
bagan extrusion proses
Proses ekstrusi dapat dianalogikan seperti meremas pasta gigi dari tube-nya. Proses ini menghasilkan bentuk terus menerus seperti lembaran, pipa, atau tabung. Material adonan biji plastic yang dimasukkan ke dalam mesin ekstruder akan mencair dan dipompa keluar melalui ektrusion dies. Setelah keluar kemudian didinginkan. Peralatan ini dirancang dan dikendalikan untuk menghasilkan plastik meleleh pada suhu yang sangat seragam dan tekanan yang mengontrol ukuran dan kualitas dari produk ekstrusi.

Plastics Extruder Animasi

 
  
Proses ini relatif murah, tapi plastik yang dihasilkan lebih soft daripada akrilik cetakan, lebih mudah tergores, dan mungkin mengandung kotoran.  Tetapi, banyak akrilik ekstrusi bermutu sangat baik, dan akrilik yang bermutu sangat baik ini merupakan mayoritas akrilik ekstrusi yang terdapat di pasaran.  

Akrilik cetak sel (cell cast) 
Bagan casting process
Casting adalah proses yang melibatkan pencampuran resin dengan katalis dan menuangkan campuran ke dalam cetakan. Bahan-bahan yang dituangkan ke dalam cetakan ini selalu dikontrol penyesuaian suhunya secara bertahap dengan sangat hati hati untuk mendapatkan plastic berkualitas tinggi sesuai standard tetentu. Cetakan dapat dibuat dari baja, aluminium, epoxy, silikon, kaca dan bahan lainnya.
Acrylic casting cenderung memiliki mutu yang lebih baik daripada jenis ekstrusi, tapi juga lebih mahal. Acrylic yang dihasilkan lebih kuat daripada akrilik ekstrusi. Jenis ini seringkali dipergunakan untuk akuarium dan produk-produk lain yang membutuhkan pembentukan atau penghalusan lebih lanjut dengan mesin.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...